Berbagi cerita tentang profesi RESERVATION & TICKETING
Profesi gw nie hehhe…
Terkadang kita mikir .ini mah gampang…,gw juga sering booking ticket dari web ,tapi kenyataanya ga semudah yg kalian bayangkan , ,kupikir ticketing hanya berhubungan dengan kepandaian berkomunikasi,keramah tamahan dan ketelitian tapi setelah terjun langsung menjadi seorang ticketing kenyataan yang ku rasa sangat berbeda dengan yang aku fikirkan… ,berawal dari ..”CUSTOMER IS KING “ kebayang kan gimana seorang raja ,banyak maunya suka perintah harus dilayani dengan baik ,dan gimana juga klu rajanya reseh sama pelayan pelayannya…upsss ! sedikit berbagi ajha nie tentang gimana seorang ticketing
tuntutan -tuntutan sebagai seorang ticketing :
1.harus menarik ,berpenampilan cantik di segala cuaca ,klu ga cantik ya di tutupin pake makeup dunk hehehhe ,rapi bersih wangi ,pakaian oke ,oia satu lagi gigi harus oke jgn sampe kelupaan habis makan siang masih tersisa cabe di gigi kan ga lucu bisa di ketawain calon passangernya :D
2.berkomunikasi dengan baik ,ga boleh grogi tar jadi aziz gagap heheh ,tau dunk jgn pake bahasa daerah ,harus bahasa Indonesia ,logat logat daerah asal di lupain sementara selama kerja biar kesannya meyakinkan ,seorang ticketing kan punya aturan standar berbicara (kita bahas di next artikel )
3.teliti dan pinter ,ini wajib klu ga focus salah –salah gaji 1 bulan melayang buat nombok heheh..maksudnya disini cerna bener kata –kata calon passanger salah tanggal ,jam ,harga ,airlines bisa fatal lho ,apa lagi klu kerja di travel agent ,terlalu banyak option yg mesti kita kasih tau ,wajib hati –hati di cerna dan wajib di jelasin ke calon passanger .
4.berwawasan luas ,Harus sering update berita berita terutama tentang perkembangan dunia airlines ,nama –nama kota di seluruh indonesi klu perlu dunia dech ,jadi klu di Tanya Tanya bisa jawab ,apa lagi nama airport dan alamatnya klu ga tau kebangetan bisa di ketawain lho !! ,trus klu ada kecelakaan –kecelakaan pesawat kita juga harus tau jam berapa kejadian ,trus apa penyebabnya .
5.jujur+sabar ,sebagai ticketing harus jujur ke calon passanger ga boleh mainin harga ,tar calon passanger ga mau dengan pelayanan kita lagi ,apa lagi marak pencaloan tidak boleh berlaku bagi seorang ticketing apalagi kolusi sama calo ga boleh juga ,fatal akibatnya
6.5s +Ramah ,Senyum –Salam –Sapa-Sopan-Santun ,ini wajib kudu mesti dan harus ini inti dari sebuah pelayanan ,semua ticketing bisa saja menjual ticket ,tapi yang bikin kita berbeda adalah gimana cara kita melayani mereka ,dalam kondisi dan cuaca apapun 5s +ramah itu tetep harus di tegakkan heheh semangat !
nah yang ini dukanya...
Mesti banyak sabar ,calon passanger banyak maunya ,ga tau tapi sok tau terkadang kita harus jelasin ke mereka berulang-ulang tapi tetep aja mereka ga ngerti juga ,misskomunikasi jadinya walaupun kita bener tetep juga disalahkan ujung-ujungnya gaji 1 bulan melayang buat nombok ,ga bisa shooping OWH NO !
Lain lagi klu pesawat cancel or delay ,waduhh passanger ngamuk maki-maki kita apa ajha yang ada di depan mereka bisa di lempar dech ke muka kita ,semua nama –nama peghuni kebun binatang di sebutin PARAH ,ada yg kalap sampe bisa di tampar atw di lempar sengan benda yg ada di depan mereka ,isi kantor di berantakin ,(biasanya klu sampe seperti ini terjadi di airlines)sementara kita Cuma anak buah yg jalain tugas ,harus juga pasang Tampang SENYUM ,tapi malah di bilang kurang ajar “kita kesusahan ga bisa berangkat kok kalian senyum senang “waduh bingung kan mau pasang muka gimana ???
Ada lagi klu calon passanger yang datang dengan berbagai tingkah laku ada yg sombong ,agak lemot ,pemarah dengan segala karakter yang berbeda –beda apalagi klu udh BAU BADAN ,DAN BAU BAU YANG LAIN .kita mesti sabar stay di depan mereka walaupun ini isi perut udh mau keluar karena mau muntah (pengalaman pribadi banget )
Bagi kamu-kamu ticketing yang menarik dan agak seksi (gw ga masuk kategori ) hati –hati harus siap mental dan iman ,banyak rayuan gombal ,alih alih minta no hape biar enk klu mau booking ticket biar bisa jadi langanan eitt malah jam 12 malam telephone ajakin midnite hahah atw liburan keluar kota upsss emg mereka fikir kita cewek apaan hahhahah..dasar lelaki berduit .terkadang kita juga di libatkan dalam masalah keluarga contohnya kerana suaminya sering beli ticket sama kita sang istri Tanya “ bapak pergi sama siapa dek kemana dan jam berapa ?” sementara bapak nya bilang klu istri saya tanya bilang ajah ga tau “walaaah jujur salah ga juga salah,DOSA LAGI DECH ! banyk dech pokonya klu di certain satu persatu bisa bosen ngebacanya.
Sekarang cerita suka nya ...
Yang jelas wawasan kita luas ,setiap hari bertemu dengan banyak orang dengan berbagai karakter yg secara ga langsungmembentuk kepribadian kita ,melatih kesabaran ,pendewasaan diri ,dan biasanya seorang ticketing klu berbicara lebih sopan dan teratur hahahha …, ,semakin bagus pelayanan kita ramah dan baik cutomer juga bakalan royal sama kita beliin oleh-oleh klu mereka lagi di luar kota ,,emmem ,enk nya juga klu cuti bisa keliling dunia…(cari tiket murah booo +plus uang saku dari si boss )
Intinya apapun jenis pekerjaan dan apapun profesi kita ,kita harus melakukan dengan senang hati ,iklas ,sabar dan jujur karena dengan itu semua kemudahan akan selalu kita dapatkan dan insyaALLOH rezeki yg kita dapat juga akan lebih halal dan bermanfaat..
Dan semoga cerita ini juga bermanfaat



No comments:
Post a Comment